Pabrik Peleburan Aluminium Inalum Diminta Genjot Produksi

pabrik peleburan aluminium

Topmetro.News – Pabrik peleburan aluminium PT Inalum ditinjau Darmin Nasution, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian. Dalam peninjauan pabrik peleburan aluminium dan kunjungan ke Pelabuhan Kuala Tanjung Kabupaten Batubara, Kamis (14/2/2019) itu, dia didampingi Bupati Batubara Zahir dan Gubsu Edy Rahmayadi.

Pabrik Peleburan Aluminium Diharap Terus Berproduksi

Darmin Nasution mengharapkan pabrik aluminium PT Inalum yang kini telah menjadi BUMN dapat terus berkembang dan meningkatkan produksi aluminium.

Sebagaimana diketahui perusahaan ini menghasilkan produk berupa Aluminium Ingot, Aluminium Billet dan Aluminium Foundry Alloy.

Di sana, Darmin melihat proses pengolahan aluminium menjadi berbagai produk bahan baku untuk dijadikan berbagai kebutuhan. Termasuk hasil produksi hilir, dimana proses reduksi menggunakan alumina, karbon dan listrik sebagai material utama.

Tinjau Pelabuhan Kuala Tanjung

Usai mengunjungi pabrik diversifikasi/peleburan aluminium, Darmin bersama Direksi PT Inalum dan PT Pelindo 1 juga meninjau operasional pelabuhan Kuala Tanjung yang berada di dekat lokasi industri.

Di situ terlihat, Budi G Sadikin, Direktur Utama PT Inalum, dan sejumlah pejabat teras PT Pelindo 1.

baca juga: PELABUHAN KUALA TANJUNG DIRESMIKAN, KONSENTRASI PASAR EKSPOR ASIA

Sekadar diketahui, Pelabuhan Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT) di Kabupaten Batubara sebenarnya telah resmi dioperasikan, Kamis (27/12/2018) silam.

Pengapalan perdana ekspor itu berupa 180 peti kemas atau setara 205 TEUs dengan layanan pelayaran “direct call” intra-Asia tujuan ke China.

Kini kalangan eksportir sudah dapat memanfaatkan pelabuhan Kuala Tanjung dimaksud.

“Kita targetkan, konsentrasi intra-Asia,” ujar Bambang Eka Cahyana, Direktur Utama Pelindo I di Kuala Tanjung, Sumatera Utara, ketika itu.

Alasan Asia menjadi konsentrasi target Pelabuhan Kuala Tanjung, kata dia, karena sebagian ekspor Indonesia, khususnya dari Sumatera jarang menuju Eropa.

Reporter: JEREMI TARAN

Related posts

Leave a Comment